PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN PENCAPAIAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Wulandari, Puspita (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN PENCAPAIAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
puspita wulandari.doc

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendapatkan instrumen penilaian berbasis media permainan ular tangga yang layak untuk mengukur penguasaan materi serta minat belajar peserta didik SMA, 2) mengukur tingkat penguasaan materi gerak lurus peserta didik SMA, dan 3) mengukur minat belajar peserta didik SMA setelah menggunakan instrumen penilaian berbasis media permainan ular tangga. Model penelitian yang digunakan adalah Model 4-D menurut Thiagarajan yang memiliki 4 tahap yaitu: define, design, develop serta disseminate. Produk yang dikembangkan adalah instrumen penilaian berbasis media permainan ular tangga. Uji coba produk pengembangan dilakukan pada peserta didik kelas X semester I di SMA N 1 Pengasih, SMA N 1 Wates, SMA N 1 Lendah, SMA N 2 Wates, dan SMA 2 Playen tahun pelajaran 2014/2015. Data penelitian yang didapatkan adalah: 1) data berupa skor dan saran dari validator yang dijaring dengan angket validasi, 2) data berupa skor penguasaan materi yang dijaring dengan tes, serta 3) data berupa skor minat belajar yang dijaring menggunakan angket minat. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data deskriptif kualitatif bertujuan untuk menyeleksi saran dari validator yang dapat diterapkan untuk memperbaiki produk yang dikembangkan. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengukur tingkat kelayakan instrumen dari penilaian validator, tingkat penguasaan materi dan minat belajar siswa. Berdasarkan analisis data penelitian didapatkan instrumen penilaian berbasis media permainan ular tangga yang layak untuk mengukur penguasaan materi serta minat belajar peserta didik SMA. Tingkat penguasaan materi gerak lurus peserta didik yang dijaring menggunakan hasil pengembangan instrumen penilaian berbasis media permainan ular tangga dapat dirinci pada level sedang 37% dan rendah 63%. Minat belajar peserta didik setelah menggunakan instrumen penilaian berbasis media permainan ular tangga dengan persentase sangat tinggi 38%; tinggi 55%; sedang 5%; dan rendah 2%. Kata kunci : instrumen penilaian, permainan ular tangga, penguasaan materi, minat belajar, materi fisika gerak lurus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:31
Last Modified: 01 Feb 2019 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27431

Actions (login required)

View Item View Item