PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KERJA LABORATORIUM DENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS (SPS) UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC PERFORMANCE RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF

Kirono, Mukti Sasi (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KERJA LABORATORIUM DENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS (SPS) UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC PERFORMANCE RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
mukti sasi kirono.doc

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis kerja laboratorium dengan pendekatan science process skills yang dapat digunakan dalam pembelajaran; 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar dan respon siswa setelah melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap disseminate tidak dilaksanakan karena keterbasan waktu dan biaya. Instrumen penelitian ini lembar validasi dosen ahli dan angket respon siswa. Data validasi dari dosen ahli digunakan untuk menunjukkan kelayakan modul. Peningkatan kemampuan kognitif siswa menggunakan soal pretest dan posttest sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh melalui angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis saran dari validator. Teknik analisis data secara kuantitatif digunakan untuk menganalisis penilaian validator, peningkatan hasil belajar, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan produk yang diperoleh yaitu: 1) Modul fisika berbasis kerja laboratorium dengan pendekatan Science Process Skills dapat digunakan dalam pembelajaran fisika; 2) Modul dapat meningkatkan hasil belajar fisika dengan nilai gain sebesar 0,7 dengan kategori sedang dan mendapat respon yang baik dari siswa berdasarkan hasil angket respon siswa. Kata kunci: modul, kerja laboratorium, science process skills, academic performance

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:30
Last Modified: 01 Feb 2019 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27428

Actions (login required)

View Item View Item