PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KERJA LABORATORIUM DENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS (SPS) UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC PERFORMANCE RANAH KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR

RIRIS V S, MARTHA (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KERJA LABORATORIUM DENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS (SPS) UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC PERFORMANCE RANAH KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
martha riris.doc

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bahwa pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis kerja laboratorium dengan pendekatan Science Process Skills (SPS) bisa digunakan dalam pembelajaran fisika di sekolah; (2) mengetahui bahwa pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis kerja laboratorium dapat meningkatkan academic performance ranah kognitif siswa; (3) mengetahui bahwa pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis kerja laboratorium dapat meningkatkan academic performance ranah psikomotor siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R &D). Objek dari penelitian ini adalah 31 siswa kelas X MIA 2 di SMA N 1 Kasihan, Bantul. Hasil pengamatan berupa nilai pretest dan posttest siswa untuk penilaian kognitif serta penilaian psikomotor siswa selama mengikuti pembelajaran dengan modul berbasis kerja laboratorium berdasarkan penilaian dari observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Modul fisika berbasis kerja laboratorium yang telah dikembangkan bisa digunakan dalam pembelajaran fisika di sekolah sesuai dengan penilaian dari dosen ahli dalam kategori baik; (2) Modul fisika berbasis kerja laboratorium yang telah dikembangkan dapat meningkatkan academic performance ranah kognitif siswa; (3) Modul fisika berbasis kerja laboratorium yang telah dikembangkan dapat meningkatkan academic performance ranah psikomotor siswa. Berdasarkan hasil olahan data dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan academic performance ranah kognitif siswa dengan nilai gain 0,644 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang. Untuk academic performance ranah psikomotor siswa adalah dalam kategori sangat baik. Kata kunci: kerja laboratorium, Scince Process Skills (SPS), ranah kognitif, ranah psikomotor

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:31
Last Modified: 01 Feb 2019 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27426

Actions (login required)

View Item View Item