PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS PERMAINAN “PHYSICS COLOR” UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN PENUMBUHAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Fahrina Imanzha, Khairunnisa (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS PERMAINAN “PHYSICS COLOR” UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN PENUMBUHAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Khairunnisa Fahrina Imanzha.doc

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memperoleh instrumen penilaian berbasis permainan Physics Color yang layak untuk mengetahui penguasaan materi dan penumbuhan minat belajar peserta didik SMA pada materi kinematika gerak 2) mengetahui tingkat penguasaan materi kinematika gerak hasil penilaian dengan instrumen berbasis permainan Physics Color, dan 3) mengetahui tingkat minat belajar peserta didik setelah menggunakan instrumen penilaian berbasis permainan Physics Color dalam penilaian fisika pada materi kinematika gerak. Pengembangan dilakukan dengan model 4-D terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang dikembangkan berupa soal yang dikemas dalam permainan dan angket. Validitas isi instrumen oleh ahli pendidikan fisika, ahli penilaian fisika, dan guru fisika SMA. Uji coba terbatas dilakukan pada 21 peserta didik di kelas X MIA 2 di SMA N 5 Yogyakarta dengan hasil 22 dari 30 butir soal dan 8 dari 12 butir angket yang dikembangkan fit terhadap Partial Credit Model. Selanjutnya dilakukan revisi terhadap instrumen dan dilanjutkan tahap uji coba luas yang dilakukan pada 220 peserta didik di 4 SMA di DIY. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) diperoleh instrumen berbasis permainan Physics Color yang layak, telah memenuhi syarat validitas isi dengan experts judgment,dan telah mendapat bukti empiris berdasarkan uji coba sebanyak 23 butir soal dan 8 butir angket fit dengan PCM, memiliki reliabilitas soal kode A sebesar 0,50, kode B sebesar 0,60, dan angket sebesar 0,83, serta memiliki indeks kesukaran item mulai -0,44 sampai dengan 0,85; 2) penguasaan materi fisika kinematika gerak lurus peserta didik kategori sangat tinggi 25%, tinggi 63%, sedang 11%, rendah 0%, dan sangat rendah 0%; dan 3) penumbuhan minat belajar peserta didik pada kategori sangat tinggi 48,1%, tinggi 40,5%, sedang 10,5%, rendah 0% dan sangat rendah 0,9%. Kata kunci : instrumen penilaian, permainan Physics Color, penguasaan materi, minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:30
Last Modified: 01 Feb 2019 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27424

Actions (login required)

View Item View Item