PENGEMBANGAN MODEL OUTDOOR LEARNING BERBASIS FIELDWORK UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI INTI MATA PELAJARAN FISIKA

Pamulasari, Haorensa Enggar (2015) PENGEMBANGAN MODEL OUTDOOR LEARNING BERBASIS FIELDWORK UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI INTI MATA PELAJARAN FISIKA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
haoransa enggar p.doc

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan buku pedoman pengelolaan pelaksanaan model outdoor learning berbasis fieldwork yang layak pada materi fluida dinamis di SMA N 1 Banguntapan. (2) Mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran model outdoor learning berbasis fieldwork pada materi fluida dinamis untuk pencapaian kompetensi inti. (3) Mengetahui ketercapaian kompetensi inti pada materi fluida dinamis melalui penerapan model outdoor learning berbasis fieldwork di SMA N 1 Banguntapan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model 4-D (Four D Models), yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Tahap define dilakukan melalui observasi di sekolah untuk mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran fisika. Selanjutnya, dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data. Pada tahap develop dilakukan validasi perangkat pembelajaran dan instrumen oleh dosen ahli dan guru fisika, selanjutnya instrumen penelitian direvisi dan hasilnya diujicobakan pada peserta didik kelas XI MIA 1 SMA N 1 Banguntapan, sehingga menghasilkan produk akhir dari penelitian. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan karena keterbatasan waktu. Instrumen perangkat pembelajaran dan pengambilan data terdiri dari Silabus, RPP, LKPD, lembar validasi instrumen, lebar penilaian diri sikap spiritual, lembar observasi sikap sosial dan keterampilan, soal pre-test dan post-test, serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Dihasilkan buku pedoman pengelolaan pelaksanaan model outdoor learning berbasis fieldwork yang layak pada materi fluida dinamis di SMA N 1 Banguntapan. (2) Perangkat pembelajaran model outdoor learning berbasis fieldwork pada materi fluida dinamis berdasarkan penilaian dari validator, telah layak digunakan untuk pencapaian kompetensi inti. (3) Model outdoor learning berbasis fieldwork dapat diterapkan untuk mencapai kompetensi inti pada materi fluida dinamis dengan persentase ketercapaian setiap kompetensi yaitu, kompetensi inti sikap spiritual (KI-1) 98%, kompetensi inti sikap sosial (KI-2) 92%, kompetensi inti pengetahuan (KI-3) 78%, dan kompetensi inti keterampilan (KI-4) 92,5%. Kata Kunci : Model outdoor learning, fieldwork, dan kompetensi inti

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:30
Last Modified: 01 Feb 2019 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27422

Actions (login required)

View Item View Item