PELAKSANAAN EVALUASI HASIL BELAJAR SENI RUPA BERDASARKAN KTSP DI SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN

Suyatno (2012) PELAKSANAAN EVALUASI HASIL BELAJAR SENI RUPA BERDASARKAN KTSP DI SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Suyatno 04206241025.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan prosedur pelaksanaan evaluasi hasil belajar Seni Rupa berdasarkan KTSP di SMA Negeri di Kabupaten Sleman, (2) Mendeskripsikan teknik dan alat yang digunakan dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar Seni Rupa berdasarkan KTSP di SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif, yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data Deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan yang didapatkan dari latar (setting) secara utuh atau holistik. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Seni Rupa kelas X di SMA Negeri di Kabupaten Sleman, yang terdiri dari tiga guru mata pelajaran Seni Rupa, masing-masing dari SMA Negeri 1 Godean, SMA Negeri 1 Seyegan, dan SMA Negeri 1 Minggir. Objek penelitian adalah pelaksanaan evaluasi hasil belajar Seni Rupa semester I di kelas X pada SMA Negeri di Kabupaten Sleman tahun ajaran 2011/ 2012. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah penelitian sendiri (human instrumen). Teknik analisa data menggunakan analisa data kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan hal-hal berikut: (1) Guru mata pelajaran Seni Rupa di SMA Negeri di Kabupaten Sleman menggunakan prosedur evaluasi yang sama hanya cara pelaksanaannya yang berbeda, (2) Teknik evaluasi yang digunakan oleh guru mata pelajaran Seni Rupa di SMA Negeri di Kabupaten Sleman dalam mengevaluasi hasil belajar menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar pada kompetensi mengapresiasi antara lain tes tulis, tes identifikasi, dan observasi, sedangkan teknik yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar pada kompetensi berekspresi antara lain: tes tulis keterampilan, tes praktik, tugas rumah, proyek, dan observasi. Alat evaluasi yang dipakai antara lain presensi siswa dan format penilaian dengan skala rentang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka penulis menyarankan sebagai berikut: (1) Tahapan guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa diharapkan tidak berhenti sampai memasukkan nilai pada rapor saja, tetapi juga memanfaatkan hasil evaluasi untuk memotivasi siswa, (2) Evaluasi dalam bentuk praktek baik kompetensi mengapresiasi maupun berekspresi diharapkan bisa seobjektif mungkin dengan cara membuat format pengamatan yang sesuai dengan kompetensi dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Hasil Belajar, KTSP, Seni Rupa, SMA
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 23 Oct 2015 03:11
Last Modified: 30 Jan 2019 04:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27409

Actions (login required)

View Item View Item