Pengembangan Website Berbasis Responsive Web Design (RWD) sebagai Multimedia Pembelajaran Elektronik Interaktif Fisika untuk Materi Pokok Konsep dan Fenomena Kuantum Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)

Nugroho, Doni Bowo (2015) Pengembangan Website Berbasis Responsive Web Design (RWD) sebagai Multimedia Pembelajaran Elektronik Interaktif Fisika untuk Materi Pokok Konsep dan Fenomena Kuantum Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Doni Bowo Nugroho_abstrak.docx

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan website berbasis Responsive Web Design (RWD) sebagai multimedia pembelajaran elektronik interaktif fisika untuk materi pokok konsep dan fenomena kuantum; 2) mengetahui kelayakan website; dan 3) respon peserta didik terhadap website. Research and Development (R&D) ini menggunakan 4D model Thiagarajan. Define merupakan tahap perumusan dan analisis kebutuhan awal. Design adalah tahapan pembuatan rancangan awal website. Develop merupakan tahap untuk mengembangkan website. Penilaian diperoleh melalui evaluasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru fisika. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 6 peserta didik dan uji coba lebih luas dilakukan pada 30 peserta didik kelas XII IPA I MAN Godean. Disseminate dilaksanakan dengan menyebarluaskan website ke mesin pencari. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini berupa website berbasis Responsive Web Design (RWD) yang memuat halaman Beranda, Kompetensi, Materi, Jejaring Siswa, Tentang dan Bantuan yang berisi materi pokok konsep dan fenomena kuantum yang terdiri dari konsep foton, efek fotolistrik dan sinar-X. Setiap sub materi pokok terdapat video, animasi, dan kuis. Kelayakan website sangat baik dengan skor rerata 3,40 dalam skala 4 berdasarkan validasi oleh para ahli. Pengembangan website mendapatkan respon positif dari peserta didik dengan skor rerata 2,98 dalam skala 4. Kata Kunci: fenomena kuantum, multimedia, responsive web design, website

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:30
Last Modified: 01 Feb 2019 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27399

Actions (login required)

View Item View Item