PENGEMBANGAN WEBSITE DILENGKAPI VIRTUAL LAB PhET SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LISTRIK DINAMIS PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA KELAS X

Darmadi, Darmadi (2015) PENGEMBANGAN WEBSITE DILENGKAPI VIRTUAL LAB PhET SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LISTRIK DINAMIS PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA KELAS X. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Darmadi.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan website dilengkapi virtual lab PhET yang layak sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep listrik dinamis siswa SMA/MA kelas X segi media dan materi berdasarkan dosen ahli media, ahli materi, dan penilaian guru; mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan website dilengkapi virtual lab PhET sebagai media dalam meningkatkan pemahaman konsep listrik dinamis; dan mengetahui respon siswa yang menggunakan website dilengkapi virtual lab PhET sebagai media dalam meningkatkan pemahaman konsep listrik dinamis pada pembelajaran fisika SMA/MA kelas X. Media website disusun dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang menggunakan media IT khususnya website untuk pembelajaran fisika materi pokok listrik dinamis. Media website yang dikembangkan, dilakukan uji coba terbatas pada 9 orang siswa MA Assalafiyah Mlangi kelas X. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi untuk dosen ahli dan guru fisika, angket untuk siswa, dan pre-test dan post-test untuk siswa. Lembar validasi digunakan dalam menentukan kelayakan media website, soal pre-test dan post-test digunakan untuk menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, dan angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap media website. Melalui hasil penilaian diketahui bahwa media berupa pengembangan website dilengkapi virtual lab PhET sebagai media dalam meningkatkan pemahaman konsep listrik dinamis pada pembelajaran fisika SMA/MA kelas X layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan skor Aiken’s V sebesar 0,87 kategori Sangat Baik. Peningkatan hasil belajar siswa termasuk kategori sedang dengan nilai gain score 0,46 menurut analisis data hasil pre-test dan post-test. Sedangkan untuk respon siswa terhadap media berdasarkan rerata skor Aiken’s V dari seluruh angket sebesar 0,77 dalam kategori Baik. Kata Kunci: media website, simulasi PhET, media pembelajaran, listrik dinamis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:30
Last Modified: 01 Feb 2019 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27396

Actions (login required)

View Item View Item