IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI BERBASIS KETERAMPILAN MEMBUAT KUE DONAT DI PKBM BINA SEKAR MELATI BANTUL

Supairah, Supairah (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI BERBASIS KETERAMPILAN MEMBUAT KUE DONAT DI PKBM BINA SEKAR MELATI BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Supairah(09102249009).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses persiapan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung, dan faktor penghambat pembelajaran KUM berbasis keterampilan membuat kue donat di PKBM Bina Sekar Melati Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subyek ketua PKBM, pendidik, dan peserta didik. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik trianngulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Persiapan pembelajaran Keaksaraan Usaha Mandiri berbasis keterampilan membuat kue donat dilaksanakan dengan cara koordinasi penyelenggara dengan pendidik untuk menentukan tujuan, media, sumber belajar, materi, metode pembelajaran, alokasi waktu, jadwal dan evaluasi. 2) Pelaksanaan pembelajaran KUM berbasis keterampilan membuat kue donat dilaksanakan secara teori dan praktik. Pelaksanaan pembelajaran yaitu pendidik membuka pelajaran, menjelaskan tentang tujuan pembelajaran, kemudian menyampaikan materi pembelajaran tentang pembuatan kue donat baik secara teori maupun praktik. Dalam pelaksanaan ada komponen pembelajaran yaitu: peserta didik, pendidik, tujuan, metode, media, kurikulum, materi, kegiatan pembelajaran, sarana prasarana, evaluasi belajar, dan sumber pendanaan. 3) Proses evaluasi pembelajaran KUM berbasis keterampilan membuat kue donat dilaksanakan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pembelajaran. Evaluasinya secara tertulis dan praktik. 4) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran KUM yaitu: semangat pendidik dalam melaksanakan pembelajaran KUM, adanya dukungan dari masyarakat dalam pelaksanaan pembelajaran KUM, dan motivasi belajar peserta didik untuk mengikuti pembelajaran KUM cukup tinggi. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran KUM adalah: sarana dan prasarana kurang memadai, peserta didik kurang sabar dan kurang teliti dalam praktik, dan media pembelajaran yang digunakan pendidik masih minim dan terbatas. Kata Kunci : Implementasi Pembelajaran Keaksaraan Usaha Mandiri, Persiapan Pelaksanaan, Evaluasi Keterampilan Membuat Kue Donat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 23 Oct 2015 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 04:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27371

Actions (login required)

View Item View Item