PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAS BUSUR DASAR (SMAW) DENGAN MICROSOFT POWERPOINT DI SMK N 1 SEYEGAN

Ervan, Yudi Prasetiya (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAS BUSUR DASAR (SMAW) DENGAN MICROSOFT POWERPOINT DI SMK N 1 SEYEGAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Erfan Yudi Prasetiya 05503244029.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAS BUSUR DASAR (SMAW) DENGAN MICROSOFT POWERPOINT DI SMK N 1 SEYEGAN Oleh: Ervan Yudi Prasetiya 05503244029 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran powerpoint untuk menunjang kegiatan belajar mengajar pada mata diklat las busur dasar di SMK Negeri 1 Seyegan, dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dibuat tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian di SMK Negeri 1 Seyegan dilakukan di jurusan Teknik Fabrikasi Logam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dengan responden 35 siswa kelas XI TFL 1. Data yang didapat merupakan data kuantitatif berupa skor dengan skala 4 (rentang 1 sampai 4). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data tersebut menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran telah layak digunakan sebagai sumber belajar. Proses perancangan media pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahap antara lain: (1) studi pendahuluan, meliputi survei lapangan, studi pustaka, dan penyusunan draft produk; (2) pengembangan meliputi uji coba terbatas dan uji coba lebih luas; (3) pengujian. Hasil dari uji kelayakan yang dilakukan terhadap media pembelajaran ini antara lain: (1) uji ahli materi mendapatkan total rerata penilaian sebesar 3,5 dengan kriteria sangat baik; (2) uji ahli media total rerata penilaian sebesar 3,7 dengan kriteria sangat baik; (3) uji terbatas materi mendapatkan total rerata penilaian sebesar 77.76% dengan kriteria sangat baik; (4) uji lebih luas materi mendapatkan total rerata penilaian sebesar 78,13% dengan kriteria sangat baik; (5) evaluasi materi mendapatkan total rerata penilaian sebesar 88,33 dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Oct 2015 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 04:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27370

Actions (login required)

View Item View Item