UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMANPESERTA DIDIK KELAS XMELALUI METODE JIGSAW

Tri Hastuti, Nika (2015) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMANPESERTA DIDIK KELAS XMELALUI METODE JIGSAW. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI__NIKA TRI HASTUTI__11203244003.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 1 Minggir Sleman melalui metode Jigsaw dan (2) keaktifan peserta didik kelas X-3 SMA N 1 Minggir Sleman melalui metode Jigsaw.Jenis penelitian ini adalah classroom action research (penelitian tindakan kelas) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru bahasa Jerman, dan peserta didik kelas X-3 SMA N 1 Minggir Sleman. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-3 SMA N 1Minggir Sleman sebanyak 31 anak. Data penelitian diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, angket peserta didik, tes keterampilan membaca bahasa Jerman, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan prestasi keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 1 Minggir Sleman melalui metode Jigsaw sebesar 38,38% dan (2) terdapat peningkatan keaktifan peserta didik kelas X-3 SMA N 1 Minggir Sleman melalui metode Jigsaw sebesar 42,06%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca, bahasa Jerman, keaktifan peserta didik, metodeJigsaw
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:08
Last Modified: 30 Jan 2019 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27355

Actions (login required)

View Item View Item