MODEL POP-UP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI RUPA TERAPAN PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Hakim, Luqman (2015) MODEL POP-UP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI RUPA TERAPAN PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAKS LUQMAN HAKIM.PDF

Download (1MB) | Preview

Abstract

MODEL POP-UP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI RUPA TERAPAN PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR Oleh: Luqman Hakim NIM 10206241001 ABSTRAK Penulisan laporan Tugas Akhir Karya Seni bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, visualisasi, teknik dan materi media pembelajaran dengan judul Model Pop- up sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa Terapan untuk Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penciptaan media pembelajaran adalah observasi, dokumentasi, dan visualisasi. Observasi yaitu pengamatan secara langsung mengenai media pembelajaran khususnya media berupa buku pelajaran baik dari segi materi maupun tampilanya. Dokumentasi yaitu pengumpulan data berupa visual yang digunakan sebagai acuan untuk membuat visualisai pada materi dalam media pembelajaran. Visualisasi merupakan proses penggarapan media pembelajaran dengan tahapan rought layout, comprehensive layout dan final design. Setelah pembahasan dan proses penciptaan maka dapat disimpukan bahwa: 1. Konsep penciptaan media pembelajaran adalah pop-up. Dalam media pembelajaran berbagai karya seni rupa ditampilkan menggunakan teknik pop-up. Contoh karya seni rupa terapan yang di tampilkan dalam media pembelajaran ini mampu muncul menjadi bentuk tiga dimensi serta memiliki bagian yang bisa bergerak, sehingga contoh karya seni rupa terapan yang ditampilkan menjadi tampak seperti karya seni rupa terapan pada aslinya. 2. Visualisasi dan teknik dikerjakan berdasarkan objek atau foto karya seni rupa terapan yang aslinya. Visualisasi meliputi bentuk objek, warna dan motif. Teknik meliputi jenis potongan dan lipatan. Pada setiap halaman menggunakan teknik yang bervariasi untuk mehindari kesan monoton. Semua bagian dikerjakan sedetail mungkin hingga contoh yang ditampilkan dalam media pembelajaran benar-benar mewakali karya seni rupa terapan yang aslinya. 3. Materi yang terdapat dalam media pembelajaran dibuat berdasarkan materi pada buku pelajaran Seni Budaya yang digunakan oleh siswa kelas 4 Sekolah Dasar. Dalam media pembelajaran ini menyampaikan materi mengenai keaneka ragaman karya seni rupa terapan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pop-up, Media pembelajaran, Seni rupa terapan
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:07
Last Modified: 30 Jan 2019 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27354

Actions (login required)

View Item View Item