PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KERAJINANIKAT CELUPKELAS X DI SMA N 3 PURWOREJO PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KERAJINANIKAT CELUPKELAS X DI SMA N 3 PURWOREJO PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KERAJINANIKAT CELUPKELAS X DI SMA N 3 PURWOREJO

legawati, Nia (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KERAJINANIKAT CELUPKELAS X DI SMA N 3 PURWOREJO PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KERAJINANIKAT CELUPKELAS X DI SMA N 3 PURWOREJO PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KERAJINANIKAT CELUPKELAS X DI SMA N 3 PURWOREJO. S1 thesis, Prodi. Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (67MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk media pembelajaran interaktif kerajinan ikat celup untuk kelas X SMA, dan 2) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif kerajinan ikat celup tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini meliputi 10 tahap, yaitu: 1) observasi dan menemukan potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) pengembangan produk awal, 4) validasi desain,5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemaikaian, 9) revisi, dan 10) produksi massal. Uji coba dilaksanakan setelah melalui uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba dilaksanakan di SMA N 3 Purworejo dengan melibatkan 54 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan atau observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengancara deskriptif kualitatif dari data kuantitatif untuk pengembangan produk media pembelajaran kerajinan ikat celup ini dan deskriptif kualitatif untuk mengetahui respon peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa: 1) menghasilkan media pembelajaran kerajinan ikat celup yang menggunakan software Adobe Flash CS3dengan hasil rerata validasi ahli materi sebesar88.45% masuk pada kategori sangat layak, validasi ahli media dengan rerata skor 80% masuk pada kategori layak, dan hasil uji coba peserta didik mendapatkan rerata skor83.73% masuk kategori sangat layak, 2)respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif ini sangat baik, menurut mereka dengan media pembelajaran interaktif tersebut peserta didik lebih memahami materi kerajinan ikat celup, disamping mudah digunakan dan memberikan banyak ilmu tentang kerajinan ikat celup, contoh yang diberikan pada media pembelajaran kerajinan ikat celup tersebut dapat memotivasi peserta didik untuk berkarya lebih kreatif lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran interaktif,Adobe Flash CS3.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 22 Oct 2015 06:30
Last Modified: 30 Jan 2019 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27351

Actions (login required)

View Item View Item