KEMAMPUAN PAssING ATAS SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKULIKULER BOLA VOLI SMA N 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN

Henry Dicko Fernandi (2015) KEMAMPUAN PAssING ATAS SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKULIKULER BOLA VOLI SMA N 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi Henry Dicko Fernandi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan passing atas bola voli merupakan teknik dasar dalam permainan bola voli. Kegiatan ekstrakulikuler bola voli yang ada di sekolah, kurang mengoptimalkan kemampuan dalam bermain bola voli kususnya passing atas. Begitu juga dengan ekstrakulikuler di SMA Negeri 1 Kesesi, para peserta ekstrakulikuler masih kurang menguasai saat melakukan passing atas. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk mengidentifikasi kemampuan passing atas siswa putra peserta ekstrakulikuler bola voli SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Sehingga akan diketahui berapa besar kemampuan passing atas siswa putra peserta ekstrakulikuler bola voli SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan passing atas siswa putra peserta ekstrakurikuler bola voli SMA N 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya berupa tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli SMA N 1 Kesesi kabupaten Pekalongan, dengan jumlah sebanyak 31 siswa, yang kemudian seluruh populasi dijadikan subjek penelitian. Instrumen dari penelitian ini adalah tes Braddy dari AAPHER dengan koefisien validitas 0,86 dan koefisian reliabilitas 0,92. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase kemampuan passing atas siswa putra peserta ekstrakurikuler bola voli SMA N 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian dari 31 siswa diperoleh kemampuan passing atas bola voli siswa putra SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan, berkategori sangat baik sebanyak 4 siswa (12,9%), kategori baik 5 siswa (16,1%), berkategori cukup 11 siswa (35,5%), kategori kurang 10 siswa (32,3%), dan kategori sangat kurang 1 siswa (3,2%). Tingkat kemampuan passing atas siswa putra peserta ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 1 Kesesi sebagian besar berkategori cukup. Hasil penelitian ini merupakan masukan yang bermanfaat bagi guru dan siswa SMA Negeri 1 Kesesi di Kabupaten Pekalongan. Dan juga pelatih semakin paham untuk meningkatkan kemampuan bola voli dengan latihan yang rutin.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan passing atas bola voli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Oct 2015 08:57
Last Modified: 11 Mar 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27350

Actions (login required)

View Item View Item