ANALISIS BUTIR SOAL TES ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMP NEGERI 2 GODEAN, KABUPATEN SLEMAN

Bimo Cahyo Pruhantoro (2015) ANALISIS BUTIR SOAL TES ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMP NEGERI 2 GODEAN, KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-5, daftar pustaka, lampiran 1, 2,3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 4. Data Penelitian - Copy.pdf

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 5. Lembar soal.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis butir soal tes ulangan akhir semester gasal mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP Negeri 2Godean. Kajiannya dilatar belakangi oleh pentingnya penyusunan soal ulanganyang memiliki tingkat kesukaran dan daya beda dalam mengukur kemajuan kognitif dalam penjas orkes serta soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaranpenjasorkes di SMP Negeri 2 Godean, Kabupaten Sleman belum pernah dianalisiskarakteristik butir soalnya sehingga belum di ketahui tingkat kesukaran dantingkat daya beda butir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran dan daya beda soal ulangan tertulis akhir semester gasal mata pelajaranpenjasorkes SMP Negeri 2 Godean pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan teknikpengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Subjek dalam penelitian iniadalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Godean yang berjumlah 121 siswa. Instrumen penelitian ini adalah dokumentasi paket soal dan kunci jawaban soal ulangan akhir semester gasal SMP N 2 Godean, Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kesukaran ulangantertulis akhir semester gasal mata pelajaran penjasorkes SMP Negeri 2 Godeanpada tahun ajaran 2014/2015 berada pada kategori “mudah” sebesar 48% (24butir), “sedang” sebesar 40% (20 butir), “sukar” sebesar 12% (6 butir). 2) Dayabeda ulangan tertulis akhir semester gasal mata pelajaran penjasorkes SMP Negeri2 Godean pada tahun ajaran 2014/2015 berada pada kategori “jelek” sebesar 58% (29 butir), “cukup” sebesar 42% (21 butir), “baik” sebesar 0% (0 butir), dan “baiksekali” sebesar 0% (0 butir). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa soalulangan akhir semester gasal SMP N 2 Godean, Sleman untuk kategori tingkat kesukaran tergolong soal yang mudah dan untuk kategori daya beda tergolongsoal yang jelek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis butir, tingkat kesukaran, daya beda, penjasorkes.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Oct 2015 08:10
Last Modified: 11 Mar 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27308

Actions (login required)

View Item View Item