ENDRI, TRIWIYONO (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS XI JURUSAN FABRIKASI LOGAM DI SMKN 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
Endri Triwiyono 08503244015.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS XI JURUSAN FABRIKASI LOGAM DI SMKN 1 SEYEGAN Oleh: ENDRI TRIWIYONO NIM. 08503244015 Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh media digital berbasis Microsoft Office Powerpoint terhadap peningkatan prestasi siswa, (2) mengetahui peningkatan atau gainscore antara kelas eksperimen yang menggunakan media digital dengan kelas kontrol yang menggunakan papan tulis, (3) mengetahui sumbangan efektif dan relatif dari penggunakan media digital dan media papan tulis. Media animasi berbasis media digital Microsoft Office Powerpoint yang digunakan adalah media yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan kuasi eksperimen (quasi experimental design). Pelaksanakan penelitian di SMKN 1 Seyegan dengan sampel 48 siswa, yang terdiri dari 25 siswa kelas XI TFL 1 sebagai kelas eksperimen dan 23 siswa XI TFL 2 sebagai kelas kontrol di Jurusan Teknik Fabrikasi Logam. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes objektif yang diberikan sebelum pembelajaran/prettest dan sesudah pembelajaran/posttest. Uji analisis karena syarat data normal dan homogen maka digunakan statistik parametris dengan uji t-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terjadi peningkatan prestasi belajar pada kelas eksperimen antara sebelum dan sesudah menggunakan media digital, (2) peningkatan atau gainscore kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 4,42 poin dari kelas kontrol 4,04 poin , (3) terjadi hubungan yang positif dan signifikan antara penggunakan media digital terhadap peningkatan prestasi belajar dengan sumbangan efektif 26% dan 74% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Sedangkan pada penggunaan media papan tulis tidak terjadi hubungan positif dan signifikan antara penggunakan media papan tulis terhadap peningkatan prestasi belajar atau 100 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Sehingga dapat disimpulkan media digital ini layak dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya pada kompetensi Menggambar Bentangan. Kata kunci: media pembelajaran, digital, gambar teknik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 02:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |