Pengembangan Multimedia Pembelajaran Rias Wajah dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa SMK Kecantikan Kulit Kelas X

Dewi, Siska miga (2015) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Rias Wajah dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa SMK Kecantikan Kulit Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siska-miga-dewi-13707251005.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran rias wajah dalam meningkatkan pengetahuan siswa kelas X SMK kecantikan kulit yang layak digunakan dalam proses pembelajaran rias wajah, dan (2) mengungkapkan keefektifan produk multimedia pembelajaran rias wajah dalam meningkatkan pengetahuan siswa pada proses pembelajaran. Studi ini merupakan penelitian dan pengembangan. Pengembangan multimedia pembelajaran rias wajah dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Macromedia Flash CS6 dan softwares yang mendukung untuk pembuatan karakter, animasi, penggabungan musik dan narasi sehingga menjadi kesatuan multimedia. Pengembangan multimedia pembelajaran rias wajah melalui tiga tahapan yang mengadopsi model pengembangan media dari Alessi dan Trollip, yakni perencanaan, desain, dan pengembangan. Validasi terhadap produk dilakukan pada tahap uji alpha yang melibatkan dua ahli media dan dua ahli materi. Sementara uji beta melibatkan enam orang siswa. Penelitian ini melibatkan 40 siswa kecantikan kulit kelas X SMKN 6 Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui lembar evaluasi dari para ahli dan tanggapan siswa terhadap multimedia pembelajaran. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Multimedia pembelajaran rias wajah yang dikembangkan dinilai layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari media, materi, dan penilaian siswa. (2) Multimedia pembelajaran rias wajah yang menggunakan Macromedia Flash dinilai efektif karena dapat meningkatkan pengetahuan siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai pre-test dengan rata-rata nilai 61,0 dan nilai post-test dengan rata-rata nilai 83,9. Rata-rata nilai post-test lebih baik dibandingkan dengan rata-rata nilai pre-test. Persentase ketuntasan belajar siswa 100% (40 siswa). Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran rias wajah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, rias wajah, kecantikan
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Oct 2015 08:09
Last Modified: 09 May 2019 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27305

Actions (login required)

View Item View Item