Trainer Voltmeter Digital Sebagai Media Pembelajaran Teknik Digital Sekuensial Pada Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video Di SMK N 2 Yogyakarta

Endri, Sujatmiko (2015) Trainer Voltmeter Digital Sebagai Media Pembelajaran Teknik Digital Sekuensial Pada Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video Di SMK N 2 Yogyakarta. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Endri Sujatmiko 08502241016.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Trainer Voltmeter Digital Sebagai Media Pembelajaran Teknik Digital Sekuensial Pada Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video Di SMK N 2 Yogyakarta Oleh : Endri Sujatmiko NIM: 08502241016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, unjuk kerja, dan tingkat kelayakan dari Trainer Voltmeter Digital sebagai media pembelajaran teknik digital sekuensial pada kompetensi keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Obyek penelitian adalah trainer voltmeter digital. Tahapan penelitian meliputi: 1) analisis, 2) desain, 3) implementasi, 4) pengujian, 5) validasi dan 6) Uji coba pemakaian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi: 1) pengujian dan pengamatan unjuk kerja, 2) kuisioner (angket) untuk mengetahui tingkat kelayakan media dilihat dari validasi isi (content validity) dan validasi konstruk (construct validity) serta uji coba pemakaian oleh siswa SMK N 2 Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan trainer voltmeter digital sebagai media pembelajaran teknik digital sekuensial meliputi rangkaian: 1) pembangkit pulsa, 2) pengontrol masukan pulsa, 3) pencacah desimal dan hexa, 4) decoder BCD, 5) display, 6) overflow, 7) DAC, 8) komparator, 9) selektor, dan 10) catu daya. Hasil pengujian dan pengamatan unjuk kerja setiap rangkaian board trainer dapat bekerja dengan baik dan saat digunakan sebagai alat ukur voltmeter dapat mengukur tegangan sampai 220V AC maupun DC. Tingkat kelayakan media trainer tersebut dilihat dari uji validasi isi diperoleh 88,41%, uji validasi konstrak diperoleh 80,11% dan uji pemakaian oleh siswa diperoleh 82,14%, maka trainer voltmeter digital ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK N 2 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 22 Oct 2015 02:28
Last Modified: 30 Jan 2019 04:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27304

Actions (login required)

View Item View Item