Kristinawati, Kristinawati (2015) Implementasi Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Negeri di Eks Karesidenan Semarang. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-kristinawati-13709259013.swf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran matematika serta mendapatkan gambaran secara objektif mengenai pemahaman guru, sikap guru, kesiapan sarana prasarana, serta dukungan dari pihak lain dalam implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika SMP Negeri di Eks Karesidenan Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi model Countenance Stake dengan pendekatan campuran kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah 36 guru dari 18 sekolah piloting project di wilayah Eks Karesidenan Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, studi dokumentasi, serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika secara umum berada dalam kategori cukup, namun penilaian pembelajaran matematika secara umum berada dalam kategori kurang. Faktor pendukung implementasi Kurikulum 2013 dalam hal pemahaman guru terhadap kurikulum berada dalam kategori cukup, sikap guru terhadap Kurikulum 2013 berada dalam kategori cukup, kondisi sarana prasarana pembelajaran matematika berada dalam kategori kurang, dan faktor dukungan dari pihak lain berada dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi kurikulum, Kurikulum 2013, pembelajaran matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 08:10 |
Last Modified: | 09 May 2019 03:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |