Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Inkuiri Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, dan Adversity Quotient Terhadap Matematika Siswa SMP Negeri 1 Curup Tengah Kelas VIII Semester 2

Septiana, Anisya (2015) Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Inkuiri Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, dan Adversity Quotient Terhadap Matematika Siswa SMP Negeri 1 Curup Tengah Kelas VIII Semester 2. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anisya septiana-13709251063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan pendekatan CTL ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan pemecahan masalah matematis, dan adversity quotient siswa terhadap matematika; (2) keefektifan pendekatan inkuri ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan pemecahan masalah matematis, dan adversity quotient siswa terhadap matematika; dan (3) pendekatan yang lebih efektif di antara pendekaan CTL dan inkuiri ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah matematis, dan adversity quotient siswa terhadap matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan randomized two-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu dan sampel dipilih dua kelas secara acak dari sembilan kelas yang ada, diperoleh kelas VIII A dan VIII D yang masing-masing terdiri dari 34 siswa. Kelas VIII A sebagai kelas CTL dan kelas VIII D sebagai kelas inkuiri. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan angket adversity quotient terhadap matematika yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Pengujian keefektifan pendekatan dianalisis menggunakan uji one sample t-test dan paired samples t-test, pengujian perbedaan keefektifan dianalisis menggunakan uji MANOVA (Hotelling’s Trace), dan untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif digunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan uji one sample t-test dan paired samples t-test, pendekatan CTL efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan pemecahan masalah matematis, dan adversity quotient siswa terhadap matematika; (2) berdasarkan uji one sample t-test, pendekatan inkuiri efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis, dan adversity quotient siswa terhadap matematika, dan berdasarkan uji paired samples t-test, pendekatan inkuiri efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan pemecahan masalah matematis, dan adversity quotient siswa terhadap matematika; (3) pendekatan CTL lebih efektif dari pada pendekatan inkuiri ditinjau dari prestasi belajar matematika; dan (4) pendekatan CTL lebih efektif dari pada pendekatan inkuiri ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis, dan adversity quotient siswa terhadap matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), pendekatan inkuiri, prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah matematis, dan adversity quotient terhadap matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Oct 2015 08:10
Last Modified: 24 Oct 2022 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27297

Actions (login required)

View Item View Item