PENGEMBANGAN BUKU AJAR MENULIS NONSASTRA BERDASARKAN STRATEGI RAFT (ROLE AUDIENCE FORMAT TOPIC) UNTUK SMP/MTS KELAS VIII

Nirnawati, Nirna (2015) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MENULIS NONSASTRA BERDASARKAN STRATEGI RAFT (ROLE AUDIENCE FORMAT TOPIC) UNTUK SMP/MTS KELAS VIII. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran awal penggunaan buku ajar menulis nonsastra di SMP, mengetahui desain pengembangan buku ajar menulis nonsastra berdasarkan strategi RAFT (Role Audience Format Topic) bagi siswa SMP kelas VIII, dan mengetahui kelayakan buku ajar menulis nonsastra yang dikembangkan. Strategi RAFT dipilih sebagai dasar pengembangan karena strategi ini relevan untuk proses pembelajaran menulis nonsastra, yakni logis, sistematis, dan memiliki langkah-langkah yang jelas. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D), pengembangan yang dilakukan mengacu pada 10 tahapan dari Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahapan, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan pembuatan buku ajar, (3) uji validasi produk, (4) revisi produk, (5) uji coba produk. Data diperoleh melalui wawancara, lembar validasi, dan angket. Data hasil wawancara dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif, sedangkan analisis lembar validasi dan angket langkah-langkahnya meliputi: mengubah data kuantitatif menjadi kualitatif, tabulasi semua data yang diperoleh pada tiap aspek, menghitung skor rata-rata, dan mengubah skor rata-rata menjadi kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum ada penggunaan buku ajar khusus menulis nonsastra di SMP. Semua guru masih menggunakan buku ajar yang memuat empat kompetensi berbahasa dan belum pernah menggunakan buku ajar khusus yang memuat satu kompetensi berbahasa yang diintegrasikan berdasarkan suatu strategi. Oleh karena itu, penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa Buku Ajar Menulis Nonsastra Berdasarkan Strategi RAFT (Role Audience Format Topic) untuk SMP/MTs Kelas VIII. Buku ajar ini berisi uraian materi tentang pelajaran tertentu yang disusun secara sistematis berdasarkan suatu strategi, yakni strategi RAFT (Role Audience Format Topic). Adapun langkah- langkah pada buku ajar yang dikembangkan dalam setiap pelajaran berdasarkan strategi RAFT (Role Audience Format Topic), yaitu: (1) memilih topik, (2) menentukan peran, (3) memilih pembaca, (4) memilih format, dan (5) mengorganisasi informasi dan tulisan. Hasil validasi buku ajar dari ahli materi, guru Bahasa Indonesia, dan siswa menunjukkan bahwa aspek kelayakan isi berkategori “baik”; aspek kelayakan penyajian berkategori “baik”; aspek kelayakan bahasa dan keterbacaan berkategori “baik”; dan aspek kelayakan kegrafikan berkategori “baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Oct 2015 08:09
Last Modified: 30 Jan 2019 04:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27295

Actions (login required)

View Item View Item