KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMODELAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA

Devita Sari, Gizella (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMODELAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, Univesitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI. pdf.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pemodelan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Selain itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan keefektifan strategi pemodelan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sanden yang terbagi dalam 7 kelas. Sampel penelitian adalah siswa X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian tersebut dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman penilaian menulis teks cerita pendek. Validitas yang dilakukan adalah validitas isi oleh ahli yaitu dosen pembimbing. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pemodelan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t untuk sampel bebas berupa skor thitung lebih besar dari skor ttabel (th=2,681 > ttb=2,052) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan db 54. Strategi pemodelan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t untuk sampel berhubungan berupa skor thitung lebih besar daripada skor ttabel (th=21,916 > ttb=2,052) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan db 27.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Oct 2015 08:08
Last Modified: 30 Jan 2019 04:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27292

Actions (login required)

View Item View Item