PENGARUH STRUKTUR MODAL, RETURN ON EQUITY, LIKUIDITAS, DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN JASA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Arif, Arif (2015) PENGARUH STRUKTUR MODAL, RETURN ON EQUITY, LIKUIDITAS, DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN JASA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Arif_11408141008.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Struktur Modal, Return On Equity, Likuiditas, dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan Jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 (tiga) tahun, yaitu mulai dari tahun 2011 sampai 2013. Penelitian ini adalah penelitian kausal dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 225 perusahaan jasa yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 27 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan ditunjukkan nilai siginifikan sebesar 0,000. Selain itu variabel Growth Opportunity juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan ditunjukkan nilai siginifikan sebesar 0,000. Variabel lain dalam penelitian ini yaitu Struktur Modal dan Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Secara simultan Struktur Modal, Return On Equity, Likuiditas, dan Growth Opportunity berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Kemampuan prediksi dari keempat variabel terhadap Nilai perusahaan sebesar 84,4% sebagaimana ditunjukkan dengan besarnya adjusted R square sebesar 0,844 sedangkan sisanya 15,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini dapat dirumuskan: Y = -1,572 - 0,002.DER + 9,285. ROE - 0,133.CR + 0,165.PER + e Kata kunci : Nilai Perusahaan, Struktur Modal, Return On Equity, Likuiditas, Growth Opportunity.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Struktur Modal, Return On Equity, Likuiditas, Growth Opportunity.
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 22 Oct 2015 04:58
Last Modified: 30 Jan 2019 04:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27287

Actions (login required)

View Item View Item