PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL DAN FAKTOR TEKNIKAL TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Nuri Kurniyati, Yunita (2015) PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL DAN FAKTOR TEKNIKAL TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
YunitaNuriKurniyati_11408141037.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental yang diukur dengan Return On Asset, Current Ratio, Long Term Debt to Equity Ratio, dan Working Capital Turnover serta faktor teknikal yaitu risiko sistematik yang diukur dengan beta terhadap Return Saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2011- 2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling yaitu sampel yang ditetapkan dengan kriteria tertentu. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh sampel sejumlah 40 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Return On Asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,028; (2) Current Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham yang dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,005; (3) Long Term Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return Saham yang dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,002; (4) Working Capital Turnover berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham dengan tingkat signifikansi 0,000; (5) Risiko sistematik tidak berpengaruh terhadap Return Saham dengan tingkat signifikansi 0,263. Hasil uji goodness of fit model menunjukkan bahwa model regresi dapat digunakan untuk memprediksi Return Saham dibuktikan dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000. Nilai adjusted R square sebesar 0,411 menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen adalah sebesar 41,1%, dan sisanya sebesar 58,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Return Saham, Return On Asset, Current Ratio, Long Term Debt to Equity Ratio, Working Capital Turnover, dan risiko sistematik
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 22 Oct 2015 08:05
Last Modified: 30 Jan 2019 04:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27286

Actions (login required)

View Item View Item