Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tema Gunung Meletus Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII

Firdaus, Muhammad (2015) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tema Gunung Meletus Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-firdaus-13708259047.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik produk LKPD yang dikembangkan, (2) mengetahui kriteria kelayakan produk LKPD yang dikembangkan; (3) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan produk LKPD yang dikembangkan, dan (4) mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan produk LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg & Gall. Desain uji coba produk utama menggunakan LKPD tema Gunung Meletus berbasis inkuiri terbimbing pada kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan LKPD dari pendidik pada kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan tes tertulis (pretest dan posttest) dengan bentuk uraian untuk keterampilan berpikir kritis dan bentuk pilihan ganda untuk hasil belajar. Validasi produk LKPD dilakukan oleh 2 validator ahli (1 ahli materi dan 1 ahli media), 2 pendidik IPA, dan 2 teman sejawat. Kriteria kelayakan produk LKPD dianalisis menggunakan data kualitatif skala 5. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dianalisis menggunakan teknik gain ternormalisasi. Perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dianalisis menggunakan uji multivariate analysis of variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi α = 0,05 terhadap gain score peserta didik antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini berupa LKPD tema Gunung Meletus berbasis inkuiri terbimbing yang memiliki kategori sangat baik untuk peserta didik SMP kelas VII. Hasil pengembangan dan penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik produk LKPD yang dikembangkan memiliki tahapan inkuiri terbimbing, tema yang dekat dengan lingkungan peserta didik, menyajikan penyelidikan, dan melatih keterampilan berpikir kritis; (2) kriteria kelayakan LKPD yang dikembangkan meliputi kelengkapan komponen LKPD, kesesuaian isi dan materi, kesesuaian syarat inkuiri terbimbing, kesesuaian syarat konstruksi, dan kesesuaian syarat teknis; (3) terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan total rerata gain score 0,43 dengan standar deviasi 0,11; dan (4) terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan total rerata gain score 0,34 dengan standar deviasi 0,16. Terdapat perbedaan secara signifikan mengenai rerata gain score keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD tema Gunung Meletus, inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:42
Last Modified: 09 May 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27273

Actions (login required)

View Item View Item