Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Daerah Istimewa Yogyakarta

Suramanto, Suramanto (2015) Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suramanto-12709259034.swf

Download (91MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) tingkat pemahaman guru matematika SMP tentang Kurikulum 2013; (2) pelaksanaan Kurikulum 2013 mata pelajaran matematika SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi formatif yang dikembangkan oleh Scriven. Populasi dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas VII dan VIII dari 29 SMP di DIY yang mulai tahun ajaran 2013/2014 telah mengimplementasikan Kurikulum 2013. Sampel dalam penelitian ini adalah 37 guru matematika kelas VII dan VIII dari 19 SMP yang ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menetapkan wilayah-wilayah populasi sebagai anggota populasi untuk membentuk populasi kecil yang lebih homogen. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, angket, panduan observasi, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman guru tentang Kurikulum 2013 dan penilaian guru matematika SMP. Observasi untuk mengukur perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Kuesioner dan dokumentasi digunakan untuk memperdalam informasi, sehingga data yang diperoleh akurat dan dapat dipercaya. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Teknik trianggulasi digunakan untuk menganalisis data yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman guru matematika SMP di DIY dalam kategori cukup, (2) perencanaan pembelajaran dalam kategori kurang, (3) pelaksanaan pembelajaran di kelas dalam kategori cukup, dan (4) penilaian pembelajaran berada pada kategori cukup.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pemahaman Kurikulum 2013, perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:42
Last Modified: 09 May 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27272

Actions (login required)

View Item View Item