Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kecerdasan Majemuk Berorientasi Pada Pencapaian Kompetensi Menurut Kurikulum 2013 Siswa SMP Kelas VII

Syafitri, Ely (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kecerdasan Majemuk Berorientasi Pada Pencapaian Kompetensi Menurut Kurikulum 2013 Siswa SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ely-syafitri-13709251065.swf

Download (28MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk yang berkualitas baik. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah materi pada Kelas VII semester 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan adalah model Plomp, terdiri dari fase penelitian awal, pengembangan, dan penilaian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru terhadap RPP dan LKS, lembar observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, angket penilaian siswa, uji kompetensi pengetahuan dan keterampilan, angket sikap spiritual dan angket sikap sosial, dan lembar observasi sikap. Analisis data kevalidan, kepraktisan dilakukan dengan cara mengonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif skala lima. Analisis data keefektifan berdasarkan hasil tes dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan belajar siswa dan untuk hasil angket dan observasi sikap dilakukan dengan cara menentukan persentase banyak siswa pada masing-masing kategori. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan terdiri dari RPP dan LKS. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori valid untuk RPP dan kategori valid untuk LKS. Hasil uji coba menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan memiliki kategori praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran mencapai kategori sangat praktis untuk penilaian guru dan kategori praktis untuk hasil observasi keterlaksanaan proses pembelajaran dan penilaian siswa. Perangkat pembelajaran juga mencapai kategori efektif berdasarkan hasil uji kompetensi, angket kompetensi inti sikap spiritual, serta angket kompetensi inti sikap sosial. Secara klasikal ketuntasan uji kompetensi pada kompetensi inti pengetahuan mencapai 85% dan pada kompetensi inti keterampilan mencapai 91%. Sementara ketercapaian hasil angket kompetensi inti sikap spiritual 97% siswa berada pada kategori sangat tinggi dan 3% siswa berada pada kategoti tinggi. Hasil angket kompetensi inti sikap sosial 18% siswa berada pada kategori sangat tinggi dan 74% siswa berada pada kategori tinggi dan 8% pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pelaksanaan kegiatan Program Better Education through Reformed Management Universal Teacher Upgrading (BERMUTU) di Propinsi Jawa Tengah yang mengacu pada delapan indikator keberhasilan Program BERMUTU yaitu 1) pengembangan kurikulum sekolah dan silabus; 2) pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; 3) kemampuan dalam analisis butir dan bank Soal; 4) Kajian Kritis; 5) pembuatan learning journal (jurnal belajar), portofolio, dan pengembangan ICT; 6) pelaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK); 7) peningkatan kualitas guru; dan 8) Study Visit (kunjungan sekolah). Program BERMUTU menekankan agar pelaksanaan peningkatan kompetensi guru dilakukan dengan pengembangan dan pemberdayaan KKG/MGMP Penelitian ini merupakan penelitian analisis dokumen dengan mengambil data sekunder di PPPPTK Matematika. Tempat penelitian adalah pada PPPPTK Matematika dan LPMP Propinsi Jawa Tengah sebagai salah satu penanggungjawab kegiatan BERMUTU. Data diambil dari data sekunder hasil angket supervisi komprehensif yang telah diberikan kepada para guru anggota KKG/MGMP Kabupaten sasaran BERMUTU. Angket yang disebarkan kepada responden merupakan angket yang dibuat oleh Direktorat Pembinaan Diklat, sehingga validitas dari instrumen telah dilakukan saat penyusunan instrumen. Data hasil angket dianalisis dengan statistik deskriptif dengan menentukan tingkat kategori keberhasilan dan membandingkan tingkat keberhasilan. Hasil Evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan pemenuhan delapan indikator keberhasilan kegiatan BERMUTU dalam meningkatkan kompetensi guru di Propinsi Jawa Tengah telah dilaksanakan semuanya pada Kabupaten sasaran program BERMUTU, dengan tingkat kategori cukup yaitu nilai rata-rata 3,08 dan terjadi peningkatan pelaksanaan kegiatan sebesar 26,6%. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan BERMUTU sesuai dengan delapan indikator tersebut masih harus ditingkatkan sehingga kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualifikasi dan kompetensi guru. Guru masih membutuhkan pendampingan dalam meningkatkan kompetensi guna mengembangkan keprofesiannya, tanpa harus meninggalkan tugas guru dalam proses pembelajaran di kelas.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:42
Last Modified: 09 May 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27270

Actions (login required)

View Item View Item