Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis PBL terhadap Kemampuan Berpikir Divergen dan Keterampilan Memecahkan Masalah pada Siswa MTs Kelas VIII

Mianta, Agus (2015) Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis PBL terhadap Kemampuan Berpikir Divergen dan Keterampilan Memecahkan Masalah pada Siswa MTs Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agus-mianta-13708259007.swf

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan kemampuan berpikir divergen antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung, (2) perbedaan keterampilan memecahkan masalah antara kelas eskperimen yang menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) pengaruh pembelajaran IPA berbasis PBL terhadap kemampuan berpikir divergen dan keterampilan memecahkan masalah pada siswa MTs kelas VIII. Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh kelas VIII di MTs Muallimin Muhammadiyah Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir divergen berupa soal uraian tipe terbuka dan lembar observasi keterampilan memecahkan masalah. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis multivarian (MANOVA) dan Tests of Between-Subjects Effects dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini menemukan bahwa dari hasil uji statistik Test of Between-Subject Effects diperoleh nilai signifikansi kemampuan berpikir divergen (p = 0,085 > 0,05) menunjukkan tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir divergen antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan nilai signifikansi keterampilan memecahkan masalah (p = 0,003 < 0,05) menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan memecahkan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis multivarian (MANOVA) menemukan bahwa pembelajaran IPA berbasis PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir divergen dan keterampilan memecahkan masalah pada siswa MTs dengan p = 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) Kompetensi pedagogik guru agama katolik SD di Kabupaten Bantul, 2) Mengetahui bagaimana kaitan latar belakang profil guru dengan kompetensi pedagogik guru agama katolik SD di Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan November dan Desember 2013. Data dikumpulkan melalui angket isian pertanyaan dan tes. Populasi penelitian ini adalah 28 orang guru agama Katolik Sekolah Dasar di Kabupaten Bantul. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru agama katolik Sekolah Dasar di Bantul dalam kategori cukup. Data menunjukkan 42,9 % guru agama katolik Sekolah Dasar di Bantul memiliki kategori kompetensi pedagogik cukup. 2) Latar belakang pendidikan guru dari PGAK/SPG (71,42 %) dan sekarang sudah berlatar belakang pendidikan Strata Satu (S1) (64,28 %). Latar belakang pendidikan belum berkontribusi meningkatkan kompetensi pedagogik guru.3) Masa kerja guru 11-15 tahun (28,57 %), 26-30 tahun (28,57 %) dan 31-35 tahun (25 %), dan 57,14 % dengan masa kerja 26-40 tahun. Latar belakang masa kerja menjadi guru belum berkontribusi meningkatkan kompetensi pedagogik guru. 4) Pangkat golongan ruang guru pada awal menjadi pegawai dari golongan ruang IIa (71,42 %) dan sekarang sudah IVa (46,42 %).Tingginya pangkat golongan ruang belum berkontribusi meningkatkan kompetensi pedagogik guru agama katolik SD di Bantul. 5) Latar belakang pendidikan, lamanya masa kerja, pangkat golongan ruang guru, belum berkontribusi meningkatkan kompetensi pedagogik guru agama katolik SD di Kabupaten Bantul.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:42
Last Modified: 09 May 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27266

Actions (login required)

View Item View Item