PENGARUH BERMAIN SEPAKBOLA EMPAT GAWANG TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN KARDIORESPIRASI SISWA KELAS V SD NEGERI GIWANGAN TEGALTURI YOGYAKARTA

Tuti Hasanah (2015) PENGARUH BERMAIN SEPAKBOLA EMPAT GAWANG TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN KARDIORESPIRASI SISWA KELAS V SD NEGERI GIWANGAN TEGALTURI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya sarana dan prasarana olahraga, kurangnya kreativitas guru serta rendahnya tingkat kebugaran kardiorespirasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan sepakbola empat gawang dan untuk mengetahui pengaruh bermain sepakbola empat gawang terhadap peningkatan kebugaran jasmani. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design (membandingkan pretest dan posttest tanpa menggunakan kelompok kontrol). Instrumen yang digunakan yaitu test Multistage Fitness Test. Teknik pengumpulan data dimulai dari melakukan pretest kemudian pemberian treatment dan diakhiri dengan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t sampel berpasangan dengan uji normalitas sebagai prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan yang signifikan antara hasil rerata pretest dan posttest kebugaran jasmani siswa kelas V SD Negeri Giwangan menggunakan treatment bermain sepakbola empat gawang. Hasil tersebut dapat disimpulkan dari hasil beda rata-rata menggunkanan repaired t test dengan hasil yang menunjukkan nilai t hitung -13.104 berada di luar daerah peneriamaan Ho yaitu -2.0555 – 2.0555 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.025.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebugaran jasmani, sepakbola empat gawang, bermain
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:42
Last Modified: 30 Jan 2019 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27260

Actions (login required)

View Item View Item