PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) NGUDI MAKMUR JAMUS, PENGASIH, KULON PROGO SKRIPS

Waryadi, Waryadi (2015) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) NGUDI MAKMUR JAMUS, PENGASIH, KULON PROGO SKRIPS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Waryadi_09102249012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pemanfaatan lingkungan oleh tutor sebagai sumber belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ngudi Makmur, (2) faktor pendukung pembelajaran pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ngudi Makmur, (3) faktor yang penghambat pembelajaran pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ngudi Makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Ketua PKBM Makmur, pendidik atau tutor, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang meliputi display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Lingkungan yang digunakan sebagai sumber belajar adalah lingkungan sosial yaitu organisasi sosial, adat kebiasaan, mata pencaharian, pendidikan, kependudukan, dan struktur pemerintahan; dan lingkungan sekitar sekolah yaitu tumbuh-tumbuhan, batubatuan, dan air.Tutor menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar yang utama. (2) Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar yaitu tutor lebih banyak memberikan reward dan mengurangi punishment, lay out kelas yang menarik, dan motivasi peserta didik. (3) Faktor penghambat pembelajaran pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar yaitu karena keadaan cuaca yang sering berubah dan jauhnya lokasi pembelajaran dari rumah peserta didik. Kata Kunci: pembelajaran, lingkungan, sumber belajar, mata pelajaran IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 21 Oct 2015 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27251

Actions (login required)

View Item View Item