PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAKET B KELAS III BERBASIS LIFE SKILLS DI PKBM BHAKTI PERSADA, BENDUNGAN, WATES

Tumiyati, Tumiyati (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAKET B KELAS III BERBASIS LIFE SKILLS DI PKBM BHAKTI PERSADA, BENDUNGAN, WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Tumiyati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pelaksanaan pembelajaran Paket B berbasis life skills di PKBM Bhakti Persada, (2) faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan pembelajaran tersebut dan (3) dampak yang terjadi dengan adanya pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah pengelola PKBM, pendidik Paket B dan peserta didik Paket B sedangkan objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Trianggulasi yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran Paket B yang meliputi : a) persiapan pembelajaran yang meliputi koordinasi tutor dan pengelola untuk menentukan tujuan yang akan dicapai, media yang dipakai, bahan ajar, materi dan jadwal, metode pembelajaran dan evaluasi. b) pelaksanaan pembelajaran paket B berbasis life skills yaitu pembelajaran akademik yang meliputi IPA, IPS, Pkn, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan pembelajaran kecakapan hidup yang meliputi pengetahuan soft skills dan hard skills/praktek ketrampilan. c) evaluasi atau penilaian yaitu dengan test Evaluasi Hasil Belajar setiap akhir semester dan penilaian praktek ketrampilan. (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran paket B berbasis life skills a) faktor pendukung yaitu: semangat yang tinggi dari peserta didik dalam mengikuti kegiatan, lokasi yang mudah dijangkau dan materi yang menarik. b) faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran Paket B berbasis life skills adalah terbatasnya bahan ajar keterampilan seperti minimnya jumlah buku paket, belum lengkapnya alat praktik keterampilan seperti peralatan memasak dan terbatasnya sarana dan prasarana pembelajaran seperti : papan tulis, meja dan kursi. (3) dampak pelaksanaan pembelajaran yaitu peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang mendorong mereka untuk berubah yaitu meningkatkan taraf hidupnya dengan membuka usaha. Kata kunci : Pembelajaran, paket B, life skills

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 21 Oct 2015 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27247

Actions (login required)

View Item View Item