IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KESETARAAN MELALUI MOBIL KELILING DI PKBM ARGOWILIS DESA SOKAWERA CILONGOK BANYUMAS

Widi Prasetio, Widi (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KESETARAAN MELALUI MOBIL KELILING DI PKBM ARGOWILIS DESA SOKAWERA CILONGOK BANYUMAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
WIDI PRASETIO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi program pendidikan kesetaraan melalui mobil keliling di PKBM Argowilis Desa Sokawera Cilongok Banyumas, 2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan pendidikan kesetaraan melalui mobil keliling di PKBM Argowilis Desa Sokawera Cilongok Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif . Subyek penelitian adalah pengelola, tutor, dan warga belajar pendidikan kesetaraan di PKBM Argowilis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan atau observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pertanyaan penelitian, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan kesetaraan melalui mobil keliling meliputi: persiapan program dimulai dengan persiapan awal yaitu sosialisasi program dan rekruitmen tutor, kemudian ditindaklanjuti dengan persiapan komponen pembelajaran meliputi identitas mata pelajaran, materi pokok, strategi pembelajaran, media, sumber belajar dan kompetensi dasar. Pelaksanaan meliputi beberapa komponen yaitu warga belajar, kurikulum, strategi pembelajaran, sumber belajar, tutor, penilaian dan evaluasi, 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan program pendidikan kesetaraan yaitu tutor yang memiliki semangat serta kepedulian dan kerja sama yang baik dengan pengelola dan masyarakat, kesadaran warga belajar akan pentingnya pendidikan dan motivasi yang tinggi, dukungan positif dari seluruh warga masyarakat, antusiasme belajar yang tinggi. Faktor penghambat meliputi : Fasilitas operasional mobil keliling yang terbentur oleh keterbatasan dana, kepentingan sosial yang sering kali menghambat jalannya pembelajaran, kondisi medan yang sangat sulit untuk akses mobil keliling, dana atau biaya untuk gaji tutor sangat tidak menentu. Kata kunci : Implementasi, Pendidikan Kesetaraan, Mobil keliling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 21 Oct 2015 00:57
Last Modified: 30 Jan 2019 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27243

Actions (login required)

View Item View Item