PERKEMBANGAN KOMPONEN BIOMOTOR ATLET BOLABASKET PUTRA GUNUNGKIDUL DALAM PEKAN OLAHRAGA DAERAH XIII DI KULONPROGO TAHUN 2015

Endah Muhaima Sulasi (2015) PERKEMBANGAN KOMPONEN BIOMOTOR ATLET BOLABASKET PUTRA GUNUNGKIDUL DALAM PEKAN OLAHRAGA DAERAH XIII DI KULONPROGO TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ENDAH MUHAIMA SULASI_NIM.11602241065.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya prestasi tim bolabasket Gunungkidul pada Pekan Olahraga Daerah sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan komponen biomotor atlet bolabasket putra Gunungkidul dalam Pekan Olahraga Daerah XIII di Kulonprogo Tahun 2015. Penelitian merupakan penelitian expost facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes pengukuran. Subjek penelitian ini seluruh atlet bolabasket putra Gunungkidul dalam Pekan Olahraga Daerah XIII di Kulonprogo Tahun 2015 yang berjumlah 12 atlet. Instrmen penelitian yang digunakan adalah sprint, sit and reach, handgrip, push up, sit up, back up, run test,wall pass, Multistages Fitness Test (MFT) dan vertical jump. Teknik analisis yang dilakukan adalah statistik deskriptif dengan menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecepatan terjadi peningkatan kecepatan sebesar 0,12 detik, tingkat fleksibilitas terjadi peningkatan sebesar 1,50 cm, tingkat kekuatan otot jari kanan terjadi peningkatan kekuatan otot jari kanan sebesar 0.72 kg, tingkat kekuatan otot jari kiri terjadi peningkatan sebesar 1,00 kg, tingkat kekuatan otot lengan terjadi peningkatan sebesar 10,50, tingkat kekuatan otot perut terjadi peningkatan sebesar 4,14, tingkat kekuatan otot punggung terjadi peningkatan sebesar 7,42, tingkat kelincahan terjadi peningkatan sebesar 0,23 detik, tingkat koordinasi terjadi peningkatan sebesar 13,58, tingkat daya tahan terjadi peningkatan sebesar 1,17 dan tingkat power terjadi penurunan sebesar 1,00 cm.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: biomotor, bolabasket, porda
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Oct 2015 08:44
Last Modified: 30 Jan 2019 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27237

Actions (login required)

View Item View Item