ORANGUTAN SEBAGAI IDE PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK PERLENGKAPAN KAMAR TIDUR DEWASA ORANGUTAN SEBAGAI IDE PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK PERLENGKAPAN KAMAR TIDUR DEWASA ORANGUTAN SEBAGAI IDE PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK PERLENGKAPAN KAMAR TIDUR DEWASA

Noviyati Setyorini, Rica (2015) ORANGUTAN SEBAGAI IDE PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK PERLENGKAPAN KAMAR TIDUR DEWASA ORANGUTAN SEBAGAI IDE PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK PERLENGKAPAN KAMAR TIDUR DEWASA ORANGUTAN SEBAGAI IDE PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK PERLENGKAPAN KAMAR TIDUR DEWASA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
PDF TA RICA FULL.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penciptaan karya seni ini adalah untuk merancang motif batik dengan orangutan sebagai ide penciptaannya, orangutan diamati berdasarkan ciri fisik maupun perilaku dan kebiasaan yang kemudian digubah menjadi motif batik. Motif batik ini kemudian diterapkan pada berbagai jenis perlengkapan kamar tidur dewasa yang meliputi seprai, bedcover, sarung bantal, sarung guling, taplak meja, tirai, kap lampu, dan hiasan dinding. Metode penciptaan karya ini melalui beberapa tahap yaitu ekplorasi, perancangan dan perwujudan. Eksplorasi merupakan aktivitas penjelajahan menggali sumber ide yang digunakan untuk mencari informasi tentang ide penciptaan karya yaitu orangutan. Adapun kegiatan ekplorasi yang dilakukan adalah dengan pengamatan orangutan di Kebun Binatang Gembira Loka, pengumpulan informasi melalui studi pustaka guna menguatkan gagasan penciptaan dan keputusan dalam menyusun konsep, serta mengembangkan imajinasi guna mendapatkan ide-ide kreatif terkait orangutan sebagai sumber penciptaan motif. Tahap selanjutnya adalah tahap perancangan. Kegiatan ini dilakukan untuk memvisualisasikan hasil dari penjelajahan atau analisa data dalam berbagai sket alternatif. Setelah sket alternatif selesai dibuat dan telah ditentukan sket terpilihnya, maka proses selanjutnya adalah mewujudkan sket terpilih menjadi sebuah karya. Hasil dari penciptaan karya seni ini adalah motif batik baru orangutan berdasarkan ciri fisik maupun perilaku dan kebiasaan orangutan. Motif tersebut diterapkan pada 8 jenis produk perlengkapan kamar tidur dewasa yaitu 1 buah seprai, 1 buah bedcover, 2 buah sarung bantal, 2 buah sarung guling, 2 buah taplak meja, 2 buah kap lampu, 2 buah tirai dan 1 buah hiasan dinding.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Orangutan, motif batik, perlengkapan kamar tidur
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 20 Oct 2015 06:58
Last Modified: 30 Jan 2019 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27235

Actions (login required)

View Item View Item