KEEFEKTIFAN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 NGADIREJO DAN SMP ISLAM NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG

Anis Permana, Sari (2015) KEEFEKTIFAN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 NGADIREJO DAN SMP ISLAM NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anis Permana Sari_09101244021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, penggunaan, dan pengawasan sarana dan prasarana pendidikan di SMP N 1 Ngadirejo dan SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah dua orang kepala sekolah dan tiga orang pengelola sarana dan prasarana pendidikan di SMP N 1 Ngadirejo dan SMP Islam Ngadirejo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan pencermatan dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan model dari Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Perencanaan sarana dan prasarana di SMP N 1 Ngadirejo efektif, begitu pula dengan SMP Islam Ngadirejo, perencanaan dilakukan dengan mengadakan analisis terhadap materi pelajaran, mengadakan perkiraan biaya, menyusun prioritas kebutuhan, penundaan pengadaan, dan menunjuk panitia pengadaan. (2) Pengorganisasian sarana dan prasarana di SMP N 1 Ngadirejo efektif, demikian pula dengan SMP Islam Ngadirejo. Sekolah memberikan struktur tugas yang jelas bagi setiap staf pengelola sarana dan prasarana. (3) Penggunaan sarana dan prasarana di SMP N 1 Ngadirejo belum efektif, karena dari segi penyimpanan kurang representatif. Sebaliknya, di SMP Islam Ngadirejo efektif, dibuktikan dengan penggunaan sarana prasarana secara tepat dan efisien sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. (4) Pengawasan sarana dan prasarana di SMP N 1 Ngadirejo efektif, namun dari aspek penghapusan belum efektif, karena tidak melakukan penghapusan barang. Sedangkan di SMP Islam Ngadirejo efektif. Pengawasan dilakukan dengan pengecekan, pemeliharaan, dan perbaikan secara rutin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Oct 2015 07:24
Last Modified: 30 Jan 2019 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27233

Actions (login required)

View Item View Item