PENINGKATAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI BERMAIN 2 LAWAN 2 PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOSARI GUNUNGKIDUL

Suratman (2015) PENINGKATAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI BERMAIN 2 LAWAN 2 PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Suratman.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah bahwa peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Wonosari masih salah dalam melakukan teknik passing bawah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli mini melalui bermain 2 lawan 2 pada peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan tiap siklus dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Wonosari yang berjumlah 24 peserta didik. Data hasil belajar passing bawah bola voli mini diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi guru, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan bermain bola voli mini 2 lawan 2 dalam pembelajaran passing bawah bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Wonosari. Hal ini ditunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 69,09 dengan persentase klasikal belajar sebesar 58,33% dan pada siklus ke II terjadi peningkatan, untuk nilai rata-rata kelas diperoleh sebesar 77,08, dengan persentase klasikal belajar sebesar 79,17%. Penerapan pendekatan bermain bola voli mini 2 lawan 2 dalam pembelajaran passing bawah bola voli mini meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Muhammadiyah Wonosari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: proses pembelajaran, bola voli, bermain 2 lawan 2
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Oct 2015 08:44
Last Modified: 30 Jan 2019 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27229

Actions (login required)

View Item View Item