POLA PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA BURUH AMPLAS DAERAH INDUSTRI UKIR (Di Desa Krapyak, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara)

Atik, Ismawati (2015) POLA PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA BURUH AMPLAS DAERAH INDUSTRI UKIR (Di Desa Krapyak, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara). S1 thesis, UNY.

[img] Text
ATIK ISMAWATI (11110241037).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pengasuhan anak yang diterapkan di dalam keluarga dan peran dari pengasuhan orangtua dalam mendukung pendidikan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian adalah empat orangtua (ibu) dan empat anak usia 6-12 tahun. Penelitian dilakukan di Desa Krapyak, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Anak diasuh secara langsung oleh orangtua. Orangtua dalam mengasuh dan mendidik anak cenderung menggunakan pola pengasuhan otoriter dan demokratis yaitu pada aspek pengasuhan sehari-hari, hukuman ketika anak salah, pemberian pendidikan agama dan kegiatan belajar. Ketika orangtua bekerja, pengawasan dan pengontrolan anak dipercayakan kepada keluarga terdekat dengan tujuan anak tidak lepas dari pengawasan orang dewasa; (2) Peran orangtua adalah mendukung dan mendorong anak dengan pemberian pendidikan dasar, teladan, dan pendidikan agama, berperan serta dalam kegiatan belajar seperti memberikan motivasi, mendampingi dan membantu anak saat belajar, memberikan penjelasan, selain itu orangtua juga memberikan hadiah (reward) untuk memberikan semangat pada anak dalam proses kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Oct 2015 03:04
Last Modified: 30 Jan 2019 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27216

Actions (login required)

View Item View Item