KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KELOMPOK BERMAIN (KB) SALMA SKB KOTA YOGYAKARTA

Ririn, Fitriyani (2015) KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KELOMPOK BERMAIN (KB) SALMA SKB KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
RIRIN FITRIYANI_11110244003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan: 1) kebijakan-kebijakan yang telah dibuat dalam menunjang pelaksanaan pendidikan karakter, 2) pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang ada, 3) faktor pendukung dan penghambat, serta 4) upaya menghadapi hambatan dalam pelaksanaann kebijakan pendidikan karakter di KB SALMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala SKB, pengelola, guru, orangtua siswa dan siswa KB SALMA. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kebijakan yang telah dibuat dalam menunjang pelaksanaan pendidikan karakter adalah: (a) kebijakan pendidikan karakter yang terintegrasi dengan kurikulum, dan kebijakan pendidikan karakter yang mengandung kearifan lokal; 2) Pelaksanaan kebijakan pendidikan karakter yang terintegrasi dengan kurikulum melalui silabus yang berpedoman pada KTSP, sedangkan pelaksanaan pengembangan kebijakan pendidikan karakter yang berkaitan kearifan lokal melalui kegiatan estrakurikuler tari-tari tradisional; 3) Faktor pendukung: pendidik KB SALMA selalu mencontohkan keteladanan dan selalu menerapkan nilai-nilai kebajikan kepada siswanya, sarana dan prasarana yang memadai, terdapat program-program pendukung pendidikan karakter, dan adanya tata tertib KB SALMA yang telah berjalan dengan baik. Faktor penghambat: kesadaran orangtua siswa yang kurang dalam mendukung program yang dibuat KB SALMA dalam mendukung pelaksanaan pendidikan karakter, ada beberapa pengelola dan pendidik KB SALMA yang kurang faham mengenai konsep pendidikan karakter, dan program penunjang pelaksanaan pendidikan karakter belum berjalan secara maksimal; 4) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan: terus menyelenggarakan program penunjang pendidikan karakter, mengikutsertakan guru KB SALMA dalam kegiatan diklat/seminar berupa pengetahuan atau keterampilan seperti diklat dasar, memberikan keteladanan, dan perbaikan penggunaan metode pembelajaran pendidikan karakter. Kata kunci : kebijakan, pendidikan karakter, KB SALMA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Oct 2015 03:00
Last Modified: 30 Jan 2019 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27215

Actions (login required)

View Item View Item