PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN TARI BERBASIS IMAGE STREAMING DI TK KHALIFAH WIROBRAJAN YOGYAKARTA

Vini Viodita, Vini (2015) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN TARI BERBASIS IMAGE STREAMING DI TK KHALIFAH WIROBRAJAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vini Viodita_11209244030_SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran tari berbasis image streaming di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juni 2015 di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah kelompok anak usia 4-6 tahun untuk kelompok TK A dan B yang berjumlah 22 anak. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan pendidik. Kolaborator penelitian ini adalah Ibu Emma Istiarum, S.S. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pengamatan kolaborator, rekaman audio visual, foto, catatan harian, tes penampilan, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif didukung data kuantitatif, yaitu mendeskripsikan hasil pembelajaran tari di TK Khalifah. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini ditandai apabila: (1) perbandingan sebelum dan sesudah tindakan mengalami peningkatan kreativitasdengan menganalisis keseluruhan aspek kreativitas dan (2) persentase minimal dari semua aspek kreativitas adalah 51%. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas proses, validitas hasil, dan validitas demokratik. Dengan menganalis seluruh aspek kreativitas, hasil penelitian ini adalah kreativitas anak meningkat dalam pembelajaran tari. Pada tahap Pra-Tindakan, terdapat 19 anak memenuhi kriteria kurang dan cukup dengan persentase 95% dan 3 anak memenuhi kriteria baik dengan persentase 15%. Pada Siklus I, hasil penilaian meningkat, yaitu terdapat 14 anak yang memenuhi kriteria baik dan sangat baik dengan persentase 70%. Pada tahap ini, aspek kelancaran meningkat dimana anak sudah mampu mengemukakan ide mengenai tema tari tanpa bantuan peneliti. Pada Siklus II, terdapat 16 anak yang memenuhi kriteria baik dan sangat baik dengan persentase 90%. Aspek keluwesan pada tahap ini juga meningkat dimana anak sudah mampu memperagakan gerakan secara luwes. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode image streaming dapat meningkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran tari di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, pembelajaran tari, image streaming
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 20 Oct 2015 02:47
Last Modified: 30 Jan 2019 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27213

Actions (login required)

View Item View Item