PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAIKEM KELAS IV SD SEMARANGAN 2 GODEAN SLEMAN  TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SUHARYANTO (2015) PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAIKEM KELAS IV SD SEMARANGAN 2 GODEAN SLEMAN  TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SUHARYANTO.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Belum terpenuhinya kriteria ketuntasan dalam pembelajaran senam guling belakang anak kelas IV SDN Semarangan 2 Godean yang ditetapkan sekolah sebesar 85% menjadikan penulis mengadakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran senam guling belakang melalui pendekatan PAIKEM pada siswa kelas IV SD Negeri Semarangan 2 Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap seklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Semarangan 2 yang berjumlah 34 siswa (putra 14, putri 20). Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar guling belakang. Teknik analisis data pada penelitian ini dinilai secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan pembelajaran guling belakang pada siswa kelas IV SDN Semarangan 2. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan oleh kolabolator dan peneliti diperoleh nilai tes awal 20,59 dan mendapat kesimpulan bahwa proses pembelajaran guling belakang melalui pendekatan PAIKEM terjadi peningkatan sebesar 70,59 pada pembelajaran senam lantai untuk kelas IV SDN Semarangan 2.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Guling belakang, Paikem.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Oct 2015 08:44
Last Modified: 11 Mar 2019 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27200

Actions (login required)

View Item View Item