UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN ALAT BANTU SIMPAI DAN MATRAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BALONG III, UPT GIRISUBO, KABUPATEN GUNUNG KIDUL

Daldiri (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN ALAT BANTU SIMPAI DAN MATRAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BALONG III, UPT GIRISUBO, KABUPATEN GUNUNG KIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PAK DALDIRI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih rendahnya hasil belajar mata pejaran Penjasorkes materi lompat jauh siswa kelas V SD Negeri Balong III, Girisubo, Gunung Kidul, berdasarkan awalan, tolakan, saat melayang di udara, dan pendaratan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri Balong III, Girisubo, Gunung Kidul dengan alat bantu simpai dan matras. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Balong III, Girisubo, Gunung Kidul yang berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja lompat jauh, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui alat bantu simpai dan matras dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri Balong III, Girisubo, Gunung Kidul. Nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 77,41 dan persentase ketuntasan sebesar 89,47% (17 siswa). Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus I. Proses pembelajaran lompat jauh menggunakan alat bantu simpai dan matras berlangsung dinamis dan menyenangkan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas sambil mengamati gerakan teknik lompat jauh dan saling diskusi dengan teman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lompat jauh, metode bermain, simpai dan matras
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 30 Jan 2019 04:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27194

Actions (login required)

View Item View Item