UPAYA PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN GULING DEPAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DI SD SUMBERJO KECAMATAN NGLIPAR, KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2015

Pranyono (2015) UPAYA PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN GULING DEPAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DI SD SUMBERJO KECAMATAN NGLIPAR, KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
11. Lampiran FULL final.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keberanian siswa kelas V pada pembelajaran guling depan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian siswa kelas V di SD Sumberjo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul Tahun 2015 melalui pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sumberjo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul berjumlah 9 orang terdiri atas 6 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Instrumen penelitian, yaitu: rubrik penilaian keberanian siswa melakukan guling depan. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Indikator keberhasilan, yaitu keberanian siswa minimal sebanyak 75% dari total siswa tuntas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keberanian siswa dalam melakukan guling depan melalui pendekatan bermain meningkat, hal ini ditunjukkan dengan hasil tingkat keberanian siswa dalam melakukan guling depan pada siklus I pertemuan pertama sebesar 0% kemudian meningkat pada pertemuan kedua yaitu sebesar 22,22%. Atas dasar tersebut, maka penelitian dilanjutkan pada siklus II dengan memperbaiki pembelajaran pada siklus I. Ketuntasan tingkat keberanian dalam melakukan gerakan guling ke depan siswa kelas V SD Negeri Sumberjo, Kecamatan Nglipar pada siklus II pertemuan pertama sebesar 55,55% kemudian meningkat pada pertemuan kedua yaitu sebesar 77,77%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keberanian, senam lantai guling depan, pendekatan bermain
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 30 Jan 2019 04:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27190

Actions (login required)

View Item View Item