KEEFEKTIFAN STRATEGI CONTOH BUKAN CONTOH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS X SMA N 1 LENDAH KULON PROGO

Prakassiwi, Satria (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI CONTOH BUKAN CONTOH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS X SMA N 1 LENDAH KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Satria Prakassiwi 11201241007 PBSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis cerpen antara siswa Kelas X SMA N 1 Lendah yang menggunakan strategi contoh bukan contoh dengan siswa Kelas X SMA N 1 Lendah yang menggunakan strategi Konvensional. Mendeskripsikan keefektifan penggunaan strategi contoh bukan contoh dalam pembelajaran menulis cerpen lebih efektif dibandingankan pembelajaran yang menggunakan strategi Konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi dengan rancangan pretest dan posttest. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas penelitian ini adalah strategi contoh bukan contoh, dan variabel terikatnya adalah kemampuan menulis cerita pendek siswa. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Lendah. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-C dan X-E. Teknik pengumpulan data menggunakan test menulis cerita pendek. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t skor posttest kelompok eksperimen dan posttest kelompok kontrol menghasilkan nilai t adalah 4,616 dengan df 54 diperoleh nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari 5% (p< 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menulis teks cerita pendek dengan menggunakan strategi contoh bukan contoh dan kelompok kontrol yang dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek menggunakan strategi Konvensional. Hasil perhitungan uji-t skor pretest dan posttest kelompok kontrol menghasilkan nilai t -11,767 dengan df 27 diperoleh nilai p 0,000. Pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai t -15,148 dengan df 27 dan diperoleh p 0,000. Kedua kelompok memiliki nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p< 0,05). Hal tersebut menunjukan bahwa kedua kelompok mengalami peningkatan kemampuan menulis cerita pendek. Gain score menunjukan gain eksperimen sebesar 0.32066797 dan gain kontrol sebesar 0.23232816. Gain eksperimen lebih besar daripada gain kontrol. Penghitungan gain score menunjukkan bahwa strategi contoh bukan contoh lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek siswa kelas X SMA N 1 Lendah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 30 Jan 2019 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27181

Actions (login required)

View Item View Item