POLA PENGASUHAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FURQON SANDEN BANTUL

Rodliatun Hasanah, Rodli (2015) POLA PENGASUHAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FURQON SANDEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
rodliatun hasanah_10102241006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pola pengasuhan santri di Pondok Pesantren Al Furqon Sanden. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini meliputi 4 (empat) pengasuh dan 4 (empat) santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukakan bahwa: Pola pengasuhan santri di Pondok Pesantren Al Furqon Sanden menggunakan pola pengasuhan demokratis. Pola pengasuhan demokratis ini dilihat dari: 1) dukungan pengasuh terhadap santri, 2) batasan yang dilakukan pengasuh terhadap santri, 3) aturan-aturan dan larangan pengasuh terhadap santri, 4) kontrol pengasuh dalam bertindak dan mengambil keputusan, 5) sikap pengasuh dalam menghadapi prilaku dan keinginan santri. Kata kunci: pengasuhan, pondok pesantren, santri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 19 Oct 2015 05:45
Last Modified: 30 Jan 2019 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27176

Actions (login required)

View Item View Item