IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENJAHIT PADA PROGRAM PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) WIYATASARI

Ritawati, Rita (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENJAHIT PADA PROGRAM PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) WIYATASARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ritawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembelajaran keterampilan menjahit pada program Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Wiyatasari, (2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran keterampilan menjahit, (3) faktor-faktor yang mendorong peserta didik untuk mengikuti pembelajaran keterampilan menjahit.Tiga pertanyaan penelitian diajukan yang berhubungan dengan ketiga tujuan penelitian tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pembuktian keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data, yang pada penelitian ini adalah dengan menggunakan sumber dan metode. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang meliputi display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menjahit yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi pembelajaran. Tahap perencanaan pembelajaran oleh nara sumber teknis dengan membuat tujuan pembelajaran, mempersiapkan materi, menentukan metode, media pembelajaran, merancang suasana pembelajaran yang menyenangkan, serta evaluasi yang tepat yang disusun dalam satuan kegiatan pembelajaran. Untuk jadwal pembelajaran disusun berdasarkan hasil kesepakatan nara sumber teknis dengan peserta didik. Tahap pelaksanaan pembelajaran yaitu nara sumber teknis membuka pelajaran, menjelaskan sekilas tentang tujuan pembelajaran, kemudian menyampaikan materi pembelajar. Tahap evaluasi meliputi evaluasi proses, evaluasi harian, dan evaluasi semester. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan menjahit terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya adalah tersedianya sarana pembelajaran, tersedianya nara sumber teknis yang berpengalaman, situasi dan lingkungan pembelajaran yang kondusif, serta adanya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jumlah mesin jahit dan peralatan praktek yang terbatas serta adanya keterbatasan waktu belajar. (3) Faktor-faktor yang mendorong peserta didik untuk mengikuti pembelajaran keterampilan menjahit yaitu sarana menyalurkan hobi, bakat dan minat peserta didik, ingin memiliki keterampilan fungsional untuk bekal usaha mandiri, dan pembelajaran yang dilaksanakan secara gratis. Kata Kunci: Implementasi pembelajaran, keterampilan menjahit, Paket B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 19 Oct 2015 05:37
Last Modified: 30 Jan 2019 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27173

Actions (login required)

View Item View Item