PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MENCETAK MENGGUNAKAN MEDIA PELEPAH UNTUK ANAK KELOMPOK B TK PKK 115 MANGIRAN BANTUL DIY

Istiriyani (2015) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MENCETAK MENGGUNAKAN MEDIA PELEPAH UNTUK ANAK KELOMPOK B TK PKK 115 MANGIRAN BANTUL DIY. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Istiriyani_11111247017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui mencetak menggunakan media pelepah untuk anak kelompok B Taman Kanak-kanak PKK 115 Mangiran Bantul DIY. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua Siklus. Subyek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 16 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitumetode observasi. Instrumen penelitian sudah melalui validitas kontens logis.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak dapat meningkat setelah diberi tindakan. Pada penelitian ini ada tiga tindakan yang dilakukan yaitu mencetak pada gambar yang sudah dibuat guru, mencetak pada gambar yang dibuat sendiri dari hasil menjiplak gambar, dan mencetak membentuk suatu gambar pada kertas kosong dengan media pelepah pisang, pelepah pepaya, dan pelepah talas. Hasil penelitian pada kondisi awal, kreativitas anak yang mencapai kriteria berkembang sangat baik baru 3 anak atau 18,75%. Dilanjutkan pada Siklus I kreativitas anak yang mencapai kriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 56,25%, dan pada Siklus II kreativitas anak yang mencapai kriteria berkembang sangat baik meningkat lagi menjadi 81,25%. Dengan demikian, aktivitas mencetak yang dilakukan dengan menggunakan media pelepah dapat meningkatkan kreativitas anak. Kata kunci: kreativitas, mencetak, anak kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Oct 2015 04:46
Last Modified: 30 Jan 2019 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27172

Actions (login required)

View Item View Item