PERAN DONGENG BERGAMBAR TERHADAP IMAJINASI MENGGAMBAR ANAK RETARDASI MENTAL

Eka Wulandari, Hanifah (2015) PERAN DONGENG BERGAMBAR TERHADAP IMAJINASI MENGGAMBAR ANAK RETARDASI MENTAL. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAS HANIFAH EKA WULANDARI.PDF

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dongeng bergambar jenis fabel terhadap imajinasi menggambar binatang pada anak retardasi mental ringan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap anak retardasi mental ringan. Subjek penelitian adalah Andreas Sekunderry Adi Putra. Lokasi penelitian di SLB Negeri Pembina dan Kronggahan RT 7 RW 4 Trihanggo Gamping Sleman. Objek formal penelitian adalah dongeng bergambar binatang, sedangkan objek material dalam penelitian ini adalah hasil gambar Sekun. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Penyajian data dengan teks yang bersifat naratif, yaitu dengan mendeskripsikan 10 gambar satu persatu lalu diinterpretasikan dan diuraikan sesuai dengan pengamatan peneliti dan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dongeng bergambar berperan meningkatkan imajinasi menggambar. Langkah menggambar subjek sebagai berikut: (1) mendengarkan dongeng yang dibacakan, (2) mengamati bentuk objek binatang, (3) menggambar sesuai persepsi. Perkembangan dalam mengeksplorasi bentuk binatang dan objek pendukung serta pewarnaan semakin variatif. Proses visualisasi gambar dan warna yang terkontrol melatih proses motorik maupun sensorik. Dari 10 karya Sekun, imajinasi menggambar dari dongeng bergambar dominan terdapat pada gambar 5 yang berjudul “Anak Kerang”, karya 8 yang berjudul “Kancil dan Tikus”, karya 10 yang berjudul “Dua Ekor Kambing”. Ketiga karya ini menunjukkan perkembangan serta keunikan imajinasi dalam gambar. Binatang dan objek imajiner semakin variatif berdasarkan pengalaman, pengetahuan dan kondisi lingkungan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh dongeng bergambar terhadap imajinasi menggambar Sekun adalah mampu mewujudkan atau memvisualisasikan bentuk-bentuk binatang dengan melihat gambar pada dongeng.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Retardasi mental, dongeng bergambar, imajinasi.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 23 Aug 2018 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27170

Actions (login required)

View Item View Item