KEEFEKTIFAN METODE MENULIS BERANTAI DALAM KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GALUR, KULON PROGO YOGYAKARTA

Ika Setyaningrum, Erlina (2015) KEEFEKTIFAN METODE MENULIS BERANTAI DALAM KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GALUR, KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ERLINA IKA SETYANINGRUM_08201244046.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perbedaan kemampuan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerita pendek, antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode menulis berantai dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode menulis berantai di SMA Negeri 1 Galur, (2) Mengetahui keefektifan pembelajaran menulis cerita pendek siswa dibanding dengan siswa tanpa penerapan metode menulis berantai di SMA Negeri 1 Galur. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, yaitu dengan sengaja mengusahakan timbulnya variabel- variabel yang selanjutnya dikontrol untuk dilihat pengaruhnya terhadap prestasi belajar . Penelitian ini dua kelompok siswa yang akan diteliti, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol..Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Galur Kulon Progo dengan subjek penelitian siswa kelas X. Pengumpulan data menggunakan teknik tes yang terbagi ke dalam dua bagian, yaitu tes awal (pretest) keterampilan menulis cerita pendek dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) terdapat perbedaan kemampuan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerita pendek, antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode menulis berantai dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode menulis berantai di SMA Negeri 1 Galur, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi nilai posttest pada uji independent t test yang sebesar 0,015 lebih kecil dari 0,05; (2) efektivitas penggunaan metode menulis berantai lebih tinggi dari pada pembelajaran yang hanya menggunakan metode menulis konvensional dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa kelas X di SMA Negeri 1 Galur. . Hal ini ditunjukkan dengan gain skor atau selisih rata-rata kelompok eksperimen sebesar 5,45 yang lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol sebesar 2,55

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 30 Jan 2019 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27169

Actions (login required)

View Item View Item