KEEFEKTIFAN TEKNIK PAPAN CERITA DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PATUK

Arnum Wulandari, Pradhita (2015) KEEFEKTIFAN TEKNIK PAPAN CERITA DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PATUK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PRADHITA ARNUM W-11201244008.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan memproduksi teks fabel antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik papan cerita dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik papan cerita, (2) menguji keefektifan teknik papan cerita terhadap pembelajaran memproduksi teks fabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Patuk. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest cotrol group design. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu teknik papan cerita dan variabel terikat yaitu kemampuan memroduksi teks fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Patuk. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Patuk. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII C dan kelas VIII D/ teknik pengumpulan data menggunakan tes kinerja menulis teks fabel. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor postest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan thitung sebesar 3,211 dengan db 46 dan p sebesar 0,002 (p< 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan memproduksi teks fabel antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil analisis uji-t skor pretest dan postest kemampuan memproduksi teks fabel kelompok eksperimen menunjukkan besarnya thitung sebesar 8,024 dengan db 23 dan p sebesar 0,000 (p< 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan memproduksi teks fabel pada saat pretest dan postest. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik papan cerita efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks fabel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 30 Jan 2019 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27166

Actions (login required)

View Item View Item