DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI SISWA YANG MENDALAMI CABANG OLAHRAGA SEPAKBOLA DAN BOLABASKET PADA KELAS OLAHRAGA DI SMA NEGERI 1 PENGASIH, KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015

NUR RIDHO SEPTANTA ANDRIAN (2015) DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI SISWA YANG MENDALAMI CABANG OLAHRAGA SEPAKBOLA DAN BOLABASKET PADA KELAS OLAHRAGA DI SMA NEGERI 1 PENGASIH, KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tahan kardiorespirasi siswa yang mendalami kegiatan sepakbola dan bolabasket pada kelas olahraga di SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan survei dan pengumpulan data menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas khusus olahraga di SMA Negeri 1 Pengasih berjumlah total 46 siswa, sampel yang diambil berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dengan melaksanakan tes multi tahap yang dirujuk pada tabel prediksi ambilan oksigen maksimum. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Daya tahan kardiorespirasi bagi siswa yang mendalami sepakbola yakni dari 19 orang siswa tidak ada siswa (0%) yang daya tahan kardiorespirasinya tergolong istimewa, sangat baik, dan baik. Sebanyak 3 orang siswa (15,79%) tergolong cukup, sebanyak 2 orang siswa (10,53%) tergolong kurang, dan sebanyak 14 orang siswa (74,68%) masih tergolong sangat kurang. Sedangkan untuk bolabasket, dari 8 orang siswa, tidak ada siswa (0%) yang daya tahan kardiorespirasinya tergolong istimewa, sangat baik, dan baik. Sebanyak 1 orang siswa (12,5%) tergolong cukup, sebanyak 3 orang siswa (37,5%) tergolong kurang, dan 4 orang siswa (50%) masih tergolong sangat kurang. Rata-rata tingkat daya tahan kardiorespirasi siswa yang mendalami kegiatan bolabasket adalah 34,79 ml/kg.bb/menit, sedangkan sepakbola adalah 32,17 ml/kg.bb/menit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata tingkat daya tahan kardiorespirasi siswa yang mendalami kegiatan bolabasket lebih tinggi dibandingkan tingkat daya tahan kardiorespirasi siswa yang mendalami sepakbola.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: daya tahan kardiorespirasi, sepakbola, bolabasket, SMA N 1 Pengasih
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 11 Mar 2019 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27165

Actions (login required)

View Item View Item